Cara Merebus Daging dengan Teknik 5-30-7 untuk Menghemat Gas

Cara-Merebus-Daging-Dengan-Metode-5-30-7
Cara-Merebus-Daging-Dengan-Metode-5-30-7

Merebus daging dengan teknik 5-30-7 merupakan metode yang efektif untuk memasak daging dengan hasil yang empuk dan lezat dalam waktu yang relatif singkat. Selain memberikan daging yang empuk, teknik ini juga dapat membantu menghemat gas. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara terperinci tentang cara masak dengan metode 5-30-7, langkah-langkahnya, keuntungannya, serta contoh jenis makanan dan daging yang cocok menggunakan metode ini.

Cara Merebus Daging Dengan Metode 5 30 7
Cara merebus daging dengan teknik / metode 5-30-7 yang efisien dan hemat gas

Apa Itu Cara Masak Dengan Tekhnik / Metode 5-30-7?

Cara masak dengan metode 5-30-7 melibatkan proses perebusan daging dalam tiga tahap yang terdiri dari perebusan awal selama 5 menit, perendaman dalam keadaan mati selama 30 menit, dan perebusan akhir selama 7 menit. Metode ini terbukti mampu menghasilkan daging empuk dengan kualitas yang mirip dengan cara tradisional yang membutuhkan waktu perebusan yang lebih lama. Teknik 5-30-7 ini dapat diterapkan untuk berbagai jenis daging seperti daging sapi, daging ayam, daging kambing, dan lain sebagainya.

Step by Step Cara Masak Dengan Metode 5-30-7

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti untuk menggunakan metode 5-30-7 dalam merebus daging:

  1. Pertama-tama, siapkan panci berukuran sesuai dengan jumlah daging yang akan dimasak. Isi panci dengan air secukupnya dan panaskan hingga mendidih.
  2. Setelah air mendidih, masukkan irisan daging ke dalam panci dan biarkan merebus selama 5 menit.
  3. Setelah 5 menit, matikan kompor dan tutup panci dengan rapat. Biarkan panci dalam keadaan tertutup selama 30 menit. Dalam proses ini, sangat penting untuk tidak membuka tutup panci terlalu sering atau sama sekali. Dengan melakukan perendaman dalam keadaan mati, daging akan menyerap panas dan empuk secara merata.
  4. Setelah 30 menit, hidupkan kembali kompor dan rebus daging selama 7 menit. Proses perebusan ini bertujuan untuk memastikan daging matang secara keseluruhan.
  5. Matikan kompor setelah tujuh menit dan biarkan daging sejenak sebelum diolah lebih lanjut. Dengan memberikan waktu istirahat, daging akan semakin empuk dan siap untuk digunakan dalam berbagai masakan.
  6. Angkat daging dari panci dan Anda dapat langsung memasaknya dengan berbagai bumbu sesuai selera.

Keuntungan Cara Masak Dengan Metode 5-30-7

Penggunaan metode 5-30-7 dalam merebus daging memiliki beberapa keuntungan yang membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi banyak orang. Berikut adalah beberapa keuntungan dari metode ini:

  1. Waktu efisien: Dengan metode ini, Anda dapat menghasilkan daging empuk dengan waktu perebusan yang lebih singkat dibandingkan metode tradisional. Proses perebusan selama 5 menit, perendaman selama 30 menit, dan perebusan akhir selama 7 menit sudah cukup untuk mencapai tekstur daging yang lembut dan enak.
  2. Hemat gas: Metode 5-30-7 membantu menghemat penggunaan gas pada saat memasak. Dengan mematikan kompor selama perendaman selama 30 menit, Anda dapat mengurangi konsumsi gas yang dibutuhkan dalam proses memasak daging.
  3. Daging empuk dan lezat: Teknik perendaman dalam keadaan mati selama 30 menit memungkinkan daging menyerap panas dengan merata, sehingga menghasilkan daging yang lebih empuk dan lezat. Proses ini juga memungkinkan serat-serat daging melunak dan meresapkan cita rasa bumbu secara menyeluruh.
  4. Fleksibilitas: Metode 5-30-7 dapat diterapkan pada berbagai jenis daging, seperti daging sapi, daging ayam, daging kambing, dan lain sebagainya. Ini memungkinkan Anda untuk memasak beragam hidangan dengan daging yang empuk dan lezat.

Contoh Jenis-jenis Makanan dan Daging yang Cocok Menggunakan Metode 5-30-7

Metode 5-30-7 dapat diterapkan pada berbagai jenis makanan dan daging untuk menghasilkan hasil yang empuk dan enak. Berikut adalah beberapa contoh makanan dan daging yang cocok menggunakan metode ini:

  1. Daging sapi: Daging sapi iris, seperti tenderloin atau sirloin, dapat dimasak dengan metode 5-30-7 untuk menghasilkan steak yang empuk dan juicy.
  2. Daging ayam: Potongan daging ayam, baik dada ayam maupun paha ayam, akan menjadi lebih lezat dan empuk setelah direbus dengan metode ini. Anda dapat menggunakannya untuk membuat sup ayam, ayam panggang, atau hidangan ayam lainnya.
  3. Daging kambing: Metode 5-30-7 juga dapat diterapkan pada daging kambing untuk menghasilkan daging yang lembut dan tidak terlalu keras. Dengan teknik ini, Anda dapat membuat gulai kambing atau sate kambing yang nikmat.
  4. Bahan makanan lainnya: Selain daging, metode ini juga cocok untuk merebus bahan makanan lainnya seperti kikil, krecek, babat, ceker ayam, kacang hijau, beras ketan, sagu mutiara, ubi, singkong, jengkol, dan banyak lagi.

Dengan menguasai teknik 5-30-7, Anda dapat memasak berbagai hidangan dengan daging yang empuk dan lezat dalam waktu yang lebih efisien. Selamat mencoba metode ini dan nikmati hasil masakan Anda!

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *