Bagaimana Cara Agar Cepat Hamil?

Beberapa pasangan sepertinya bisa hamil hanya dengan membicarakannya. Bagi yang lain, butuh waktu. Jika Anda mencari tips tentang cara hamil, inilah yang perlu Anda ketahui.

Bagaimana Cara Agar Cepat Hamil?
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Memprediksi Ovulasi

Memahami kapan Anda ber-ovulasi dan melakukan hubungan seks secara teratur lima hari sebelum dan pada hari ovulasi dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Ovulasi adalah proses di mana sel telur yang matang dilepaskan dari ovarium. Setelah dilepaskan, sel telur bergerak ke tuba falopi dan berhenti disana selama 12 sampai 24 jam, di mana ia dapat dibuahi. Sperma dapat hidup di dalam saluran reproduksi wanita selama lima hari setelah berhubungan seksual dalam kondisi yang tepat. Peluang Anda untuk hamil paling tinggi ketika sperma hidup ada di saluran tuba selama ovulasi.

Dalam siklus menstruasi rata-rata 28 hari, ovulasi biasanya terjadi sekitar 14 hari sebelum dimulainya periode menstruasi berikutnya. Namun, panjang siklus setiap orang mungkin berbeda, dan waktu antara ovulasi dan awal periode menstruasi berikutnya dapat bervariasi. Jika seperti kebanyakan orang, Anda tidak memiliki siklus menstruasi 28 hari yang sempurna, maka Anda dapat menentukan panjang dan titik tengah siklus Anda dengan membuat kalender menstruasi.

Di luar kalender, Anda juga dapat mencari tanda dan gejala ovulasi, termasuk:

  • Perubahan sekresi vagina (lendir serviks).
    Tepat sebelum ovulasi, Anda mungkin melihat peningkatan sekresi vagina yang bening, basah, dan elastis. Tepat setelah ovulasi, lendir serviks berkurang dan menjadi lebih kental, keruh dan terlihat samar.
  • Perubahan suhu tubuh basal.
    Suhu tubuh basal merupakan suhu terendah yang dicapai oleh tubuh. Suhu tubuh Anda saat istirahat (suhu tubuh basal) sedikit meningkat selama ovulasi. Gunakan termometer yang dirancang khusus untuk mengukur suhu basal tubuh, ukur suhu tubuh Anda setiap pagi sebelum bangun dari tempat tidur. Catat hasilnya dan cari pola yang muncul. Anda akan mengalami masa paling subur selama 2 sampai 3 hari sebelum suhu tubuh Anda naik.

Anda juga mungkin ingin mencoba perangkat ovulasi yang dijual bebas, yang dapat membantu Anda mengidentifikasi kapan kemungkinan besar Anda akan berovulasi. Alat ini bisa digunakan untuk menguji urin Anda, untuk mengetahui lonjakan hormon yang terjadi sebelum ovulasi. Ovulasi terjadi sekitar 36 jam setelah hasil positif.

Apa yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan kesuburan?

Ikuti tips sederhana ini agar segera mendapatkan kehamilan :

  • Berhubungan seks secara teratur. Tingkat kehamilan tertinggi terjadi pada pasangan yang berhubungan seks setiap hari atau dua hari sekali.
  • Berhubungan seks di dekat waktu ovulasi. Jika berhubungan seks setiap hari tidak memungkinkan atau kurang menyenangkan, anda bisa melakukan hubungan seks setiap 2 hingga 3 hari seminggu dimulai segera setelah akhir periode Anda. Ini dapat membantu memastikan bahwa Anda berhubungan seks saat Anda paling subur.
  • Pertahankan berat badan normal. Wanita yang kelebihan berat badan dan kekurangan berat badan berisiko lebih tinggi mengalami gangguan ovulasi.

Pertimbangkan juga untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang perencanaan prakonsepsi. Dokter dapat menilai kesehatan Anda secara keseluruhan dan membantu Anda mengidentifikasi perubahan yang dapat meningkatkan peluang kehamilan yang sehat. Penyedia layanan kesehatan Anda akan merekomendasikan untuk mengkonsumsi asam folat beberapa bulan sebelum pembuahan untuk mengurangi resiko spina bifida dan cacat tabung saraf lainnya.

Catatan : “Spina bifida adalah cacat lahir yang terjadi akibat terganggunya pembentukan tabung saraf selama bayi dalam kandungan. Hal ini menyebabkan munculnya celah pada ruas tulang belakang.” Sumber : https://spesialis1.ibs.fk.unair.ac.id/spina-bifida.html

Apa yang harus dihindari untuk memaksimalkan kesuburan?

Untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil:

  • Jangan merokok. Tembakau memiliki banyak efek negatif pada kesuburan, belum lagi kesehatan Anda secara umum dan kesehatan janin. Jika Anda merokok, mintalah penyedia layanan kesehatan Anda untuk membantu Anda berhenti sebelum Anda mulai mencoba untuk hamil.
  • Jangan minum alkohol. Penggunaan alkohol berat dapat menyebabkan penurunan kesuburan. Secara umum, sebaiknya hindari alkohol jika Anda berharap untuk hamil.
  • Batasi kafein. Penelitian menunjukkan bahwa kesuburan tidak dipengaruhi oleh konsumsi kafein kurang dari 200 miligram sehari. Itu sekitar 1 sampai 2 cangkir 6 sampai 8 ons kopi sehari.
  • Jangan melakukan olahraga berat secara berlebihan. Latihan berat dan intens lebih dari lima jam seminggu telah dikaitkan dengan penurunan ovulasi.

Juga, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang obat apapun yang Anda minum. Obat-obatan tertentu bahkan yang tersedia tanpa resep dapat mempersulit kehamilan.

Kapan harus berbicara dengan dokter?

Dengan hubungan seks tanpa kondom yang sering, sebagian besar pasangan yang sehat hamil dalam waktu satu tahun.

Jika Anda berusia 35 tahun atau lebih dan Anda telah mencoba untuk hamil selama enam bulan atau lebih, atau jika Anda atau pasangan Anda mengetahui atau mencurigai adanya masalah kesuburan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan.

Infertilitas mempengaruhi pria dan wanita dan pengobatan ini pun tersedia. Bergantung pada sumber masalahnya, anda bisa berkonsultasi kepada dokter kandungan dan ahli urologi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *