8 Cara Penuhi Nutrisi Ibu Hamil Saat Sedang Ngidam

8 Cara Penuhi Nutrisi Ibu Hamil Saat Sedang Ngidam
8 Cara Penuhi Nutrisi Ibu Hamil Saat Sedang Ngidam

Saat hamil, perubahan hormon bisa mempengaruhi selera makan. Tak jarang, ibu hamil merasa ngidam makanan tertentu dan sulit untuk menahan keinginan tersebut. Padahal, selama masa kehamilan, memperhatikan asupan nutrisi menjadi sangat penting untuk kesehatan ibu dan bayi yang dikandung. Berikut adalah 8 cara mudah untuk memenuhi nutrisi ibu hamil saat sedang ngidam.

  1. Pilih camilan yang sehat

    Saat sedang ngidam, biasanya kita memilih camilan yang tinggi kalori dan rendah nutrisi seperti permen atau keripik. Sebaiknya, pilih camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan segar atau sayuran yang diiris tipis. Anda bisa menambahkan saus hummus atau yogurt sebagai tambahan.
  2. Konsumsi makanan kaya serat

    Makanan kaya serat seperti oatmeal, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan bisa membantu menjaga perut kenyang lebih lama. Hal ini bisa membantu mencegah ngidam yang berlebihan.
  3. Jangan menghindari lemak sehat

    Lemak sehat seperti asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan salmon atau kacang-kacangan bisa membantu meningkatkan kesehatan otak dan jantung ibu hamil dan bayi yang dikandung.
  4. Penuhi kebutuhan kalsium

    Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang bayi. Konsumsi makanan yang kaya kalsium seperti yoghurt, keju, atau kacang-kacangan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium selama masa kehamilan.
  5. Perbanyak konsumsi protein

    Protein sangat penting untuk pertumbuhan janin dan plasenta. Konsumsi makanan kaya protein seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan tahu dapat membantu memenuhi kebutuhan protein selama kehamilan.
  6. Minum air putih yang cukup

    Memperhatikan asupan cairan selama kehamilan sangat penting untuk menghindari dehidrasi. Minumlah minimal 8-10 gelas air putih setiap hari.
  7. Hindari makanan yang tidak sehat

    Saat hamil, ibu hamil harus menghindari makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji atau makanan yang diasapi karena bisa mengandung bahan kimia.
  8. Konsultasikan dengan dokter

    Setiap kehamilan memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui kebutuhan nutrisi ibu hamil dan bayi yang tepat.

    Itulah 8 cara mudah untuk memenuhi nutrisi ibu hamil saat sedang ngidam. Selalu perhatikan asupan nutrisi selama masa kehamilan dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi jika perlu. Dengan memperhatikan nutrisi yang cukup dan seimbang, ibu hamil bisa memberikan yang terbaik bagi kesehatan diri sendiri dan bayi yang dikandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *