11 Bahan Pengganti Mentega dan Alternatifnya

Bahan Pengganti Mentega dan Alternatifnya
Bahan Pengganti Mentega dan Alternatifnya

Perlu pengganti mentega untuk resep Anda? Tidak masalah! Berikut daftar alternatifnya. Mungkin ini bisa terasa aneh dan bisa mengejutkan karenabeberapa bahan lain seperti kacang, alpukat, dan saus apel sebagai penggantinya, namun kenyataanya itu bisa digunakan untuk pengganti mentega.

Fungsi mentega yang sangat penting untuk pembuatan berbagai jenis makanan menjadikan bahan ini begitu penting keberadaanya di dapur. Namun ternyata ada lho bahan yang bisa digunakan sebagai pengganti mentega. Apa saja bahan tersebut? mari simak artikel berikut ini.

Pengganti mentega terbaik

Berikut adalah beberapa pengganti umum dan hal-hal yang perlu diketahui tentang masing-masing yang dapat membantu mencapai rasa dan tekstur lembut yang Anda sukai.

1. Margarin

margarin
margarin

Margarin adalah lemak nabati yang baik untuk ditukar dengan mentega atau digunakan bersama. Ini biasanya dibuat dari minyak kelapa sawit terhidrogenasi, yang memberikan titik leleh lebih tinggi, membuat kue menyebar lebih sedikit daripada semua mentega, tetapi rasanya tidak terlalu enak. 

Kelembaban dalam mentega menghasilkan uap, memberikan bentuk kubah (mengembang) yang bagus dan rasa yang manis. Margarin juga bagus untuk aplikasi gurih seperti kentang tumbuk, dipasangkan dengan susu nabati agar bebas susu tetapi tetap memiliki rasa yang kaya.

Saat mengganti: Gunakan sebagai pengganti mentega 1:1. Ini akan menghasilkan kue yang lebih tebal dengan penyebaran yang lebih sedikit. Ini dapat digunakan dalam kulit pai untuk tekstur yang lebih keras.

2. Shortening

Shortening
Shortening

Pembuat roti sering menggunakan shortening sebagai pengganti mentega untuk kue. Perbedaan antara mentega vs pemendekan itu sederhana. Pemendekan dibuat dari lemak nabati. biasanya kedelai, minyak biji kapas, dan minyak sawit untuk membuatnya padat pada suhu kamar. Ini memberikan titik leleh yang lebih tinggi, sehingga kue tidak menyebar terlalu banyak.

Shortening bekerja dengan baik untuk kue snickerdoodle yang lembut dan tebal yang menggunakan mentega dan shortening dengan perbandingan yang sama. Shortening adalah 100 persen lemak, dibandingkan dengan mentega, sekitar 80%. Ini berarti lebih sedikit air untuk pembentukan gluten, untuk kue yang lebih empuk dan rapuh.

Saat mengganti: Gunakan sebagai pengganti mentega 1:1. Ini akan menghasilkan cookie yang lebih tinggi dengan penyebaran yang lebih sedikit. Dalam biskuit dan kerak pai, Anda bisa mengganti 50% mentega dengan shortening untuk rasa dan tekstur yang lebih seimbang.

3. Yoghurt Yunani

Yoghurt Yunani
Yoghurt Yunani

Yoghurt Yunani adalah sumber nutrisi berbasis susu yang sangat baik untuk dimakan apa adanya, namun lebih baik ditambahkan ke resep memanggang, seperti kue yogurt lemon atau bahkan pancake buatan sendiri. Dalam 8 ons yogurt Yunani susu utuh, terdapat 20 gram protein, 190 kalori, dan 9 gram lemak (6 gram lemak jenuh).

Bahkan ada pilihan tanpa lemak sehingga Anda hanya mendapatkan satu dosis protein. Namun, versi susu utuh akan menghasilkan makanan yang dipanggang paling lembut karena masih ada lemak yang ditambahkan. Ini bekerja dengan baik untuk menambah kelembaban dan struktur untuk roti dan kue cepat.

Saat mengganti: Untuk setiap 8 ons (1 cangkir) mentega, ganti dengan ½ cangkir yogurt Yunani.

4. Selai Kacang

Selai Kacang
Selai Kacang

Berukuran kecil tetapi perkasa karena mengandung protein dan lemak secara alami. Lewati versi lemak terhidrogenasi yang sarat dengan gula, dan lihat labelnya hanya untuk kacang dan garam sebagai bahannya. Ini bekerja dengan baik pada produk yang lebih padat seperti kue dan batangan.

Selai kacang, seperti selai kacang rumahan, biasanya mengandung 50% lemak dibandingkan dengan mentega yang 80%, jadi perlu ditambahkan lemak tambahan. Berbagai jenis kacang seperti kacang tanah, almond, jambu mete, dan macadamia akan menambahkan rasa khasnya, yang paling cocok untuk kue, batangan, kue, brownies, muffin, dan roti cepat saji.

Saat mengganti: Pengganti mentega 1: 1 dapat digunakan. Campurkan selai kacang dengan minyak dengan perbandingan yang sama sebelum ditambahkan ke resep. Misalnya, campurkan ½ cangkir selai kacang dengan ½ cangkir minyak kelapa leleh hingga halus.

5. Minyak Zaitun

Ada begitu banyak jenis minyak goreng, tetapi minyak zaitun menjadi favorit karena rasanya yang kaya alami dan profil lemak tak jenuh yang sehat. Karena rasanya yang gurih dan terkadang pedas, minyak zaitun tidak selalu menjadi pilihan terbaik untuk makanan panggang yang lebih manis, jadi paling baik digunakan untuk roti focaccia, muffin tertentu, pai pot, atau kulit pai dan biskuit.

Pilih minyak zaitun
Pilih minyak zaitun

Saat mengganti: Pilih minyak zaitun ringan untuk rasa yang lebih netral atau minyak zaitun extra virgin untuk rasa yang lebih kuat. Untuk setiap 1 cangkir mentega, ¾ cangkir minyak harus digunakan.

6. Pisang

pisang kupas
pisang kupas

tumbuk adalah pengganti yang bagus untuk mentega dan bahkan minyak untuk roti cepat seperti muffin, roti, kue, dan kue mangkok. Rasanya juga manis, jadi Anda bisa mengurangi sedikit tambahan gula. Anda juga bisa menambahkannya ke muffin keping coklat pisang dan, tentu saja, roti pisang. Satu-satunya con adalah itu akan memiliki rasa yang kuat.

Saat mengganti: Gunakan bagian yang sama dari pisang tumbuk untuk mentega. Gunakan ¾ cangkir pisang tumbuk untuk 1 cangkir minyak. Awasi waktu memanggang, gula ekstra dapat membuat makanan yang dipanggang lebih cepat kecoklatan.

7. Kacang Hitam

kacang hitam
kacang hitam

Menambahkan pure kacang untuk memotong lemak dalam makanan yang dipanggang menyediakan serat, protein, dan vitamin serta mineral lainnya. Sebagian besar jenis kacang bisa digunakan, seperti kacang cannellini untuk kue kuning dan kacang hitam bagus untuk kue coklat dan brownies.

Kacang harus di blender terlebih dahulu untuk membuat pure yang halus. Jika perlu, tambahkan air, 1 sendok makan sekaligus agar lebih mudah diproses. Anda dapat menambahkan minyak (1 hingga 4 sendok makan) seperti minyak kelapa cair atau minyak sayur ke dalam 15,5 ons kacang dan mengolahnya menjadi pengganti lemak yang lebih berkrim.

Saat mengganti: Bubur kacang dapat diganti 100% dengan mentega dan menghasilkan tekstur yang lebih seperti kue, yang cocok untuk kue, muffin, dan roti cepat saji.

8. Alpukat

alpukat
alpukat

atau minyak alpukat bekerja dengan baik sebagai pengganti mentega untuk memanggang. Setelah dihaluskan, gunakan rasio persis yang akan Anda gunakan dengan mentega–Ini menawarkan lebih banyak vitamin dan serat, dengan manfaat kesehatan juga. Satu buah alpukat Hass cenderung menghasilkan ¾ cangkir.

Dengan minyak alpukat yang mengandung omega-3 dan vitamin E, Anda harus lebih berhati-hati dengan rasio cair-ke-padat. Rasa netral alpukat dan tekstur lembut cocok untuk muffin berwarna lebih gelap, roti cepat saji, brownies, dan kue kering.

Saat mengganti: gunakan jumlah alpukat yang sama dibandingkan dengan jumlah mentega yang diminta dalam resep. Dengan minyak alpukat, contohnya menggunakan ⅞ cangkir sama dengan 1 cangkir mentega.

9. Minyak Kelapa

minyak kelapa

Minyak kelapa adalah pilihan yang populer, terutama karena bisa berubah menjadi padat saat di suhu dingin, berubah menjadi cair pada suhu ruang yang lebih hangat, ciri ini mirip seperti halnya mentega, dan akan membantu menjaga kekentalan dan kekentalan dalam resep seperti muffin roti jagung bebas gluten. Sesuatu yang perlu diperhatikan dengan minyak kelapa adalah rasanya. Tidak terlalu banyak perbedaan (jika ada) dalam jumlah kecil, tetapi dalam resep yang membutuhkan banyak mentega, minyak kelapa dalam jumlah yang lebih banyak dapat mengubah rasanya.

Saat mengganti: Memilih minyak kelapa olahan akan menghasilkan produk yang rasanya lebih netral daripada yang tidak dimurnikan. Anda bisa menggunakan jumlah minyak yang sama dengan jumlah mentega yang diminta dalam satu resep.

10. Saus Apel

saus apel
saus apel

Menggantikan mentega dalam resep dan menambah rasa manis alami tambahan jika Anda ingin mengurangi gula rafinasi saat membuat roti zucchini. Apel yang dimasak dan dihaluskan dapat menambah struktur dan kelembapan pada makanan yang dipanggang, ditambah serat ekstra yang membantu mengikat air, menjaganya tetap di dalam produk yang dipanggang. Pilih versi tanpa pemanis untuk meminimalkan beban kalori.

Saat mengganti: Anda bisa mengganti 100% mentega dengan saus apel. Namun, menggunakan lemak dari yogurt, mentega kacang, atau minyak alternatif dapat membantu mencegah kue, muffin, dan roti cepat terasa terlalu kering.

11. Labu yang Dihaluskan

Tidak ada pasangan yang lebih sempurna daripada menggunakan haluskan labu untuk menggantikan mentega, terutama untuk resep memanggang musim gugur dan musim dingin seperti roti labu. Setiap porsi akan mengemas lebih banyak serat dan nutrisi seperti beta-karoten, potasium, dan vitamin K di setiap potongan muffin, roti cepat saji, atau kue kopi.

Saat mengganti: Haluskan labu buatan sendiri dapat menggantikan mentega hingga 100%, serta minyak apapun, menambahkan warna orange dan rasa manis, bersahaja, dan lembut ke makanan yang dipanggang.

Alternatif Lain

Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan beberapa bahan berikut sebagai pengganti mentega:

  • Prune Puree – Pengganti ini paling baik digunakan saat membuat brownies dan kue. Gunakan ¾ cangkir pure untuk setiap 1 cangkir mentega.
  • Campuran Saus Apel dan Buttermilk – Campuran yang terdiri dari buttermilk buatan sendiri, rasanya mirip dengan mentega dalam makanan yang dipanggang, dan bekerja dengan baik dengan sebagian besar resep kecuali kulit pai.
  • Mayones – Mayones buatan sendiri terdiri dari minyak dan kuning telur. Bahan ini menambah kelembaban dan kekayaan pada makanan yang dipanggang.  

Peran mentega dalam memanggang

Kandungan lemaknya yang tinggi (sekitar 80%, sisanya terutama air dan padatan susu) membuatnya menjadi makanan panggang yang hampir tak tertandingi – untuk kue kering yang padat, bersisik, kenyal, kue, kue kering, dan hal-hal lain. Secara keseluruhan, item tertentu paling cocok dengan mentega, seperti kerak pai, kue roti pendek, dan kue kering, karena mentega merupakan bahan utamanya, yang berarti kandungan lemak bisa menjadi sangat penting untuk keberhasilan resep.

Secara keseluruhan, mentega adalah agen ragi. Saat gula bercampur dengan mentega (dan lemaknya), butiran-butiran itu mengocok ke dalam lemak dan menginginkannya, memberikan tekstur dan rasa pada makanan yang dipanggang. Namun, lemak hewani juga tinggi kalori, kolesterol, dan lemak jenuh (7 gram per sendok makan). Ini adalah produk susu, jadi mungkin harus dihindari untuk orang dengan diet tertentu atau masalah kesehatan seperti intoleransi laktosa atau alergi susu.

Pertanyaan yang sering diajukan

Bisakah mengganti mentega dengan minyak?

Ya, Anda bisa melelehkan mentega dan menggunakannya dengan perbandingan 1:1, terutama untuk memasak. Namun, mengandung antara 13 hingga 19% air, yang dapat memengaruhi makanan yang dipanggang. Jangan mencampur berlebihan; itu dapat meningkatkan pembentukan gluten untuk produk yang lebih keras. Alternatifnya, Anda bisa menambahkan ¾ dari jumlah mentega untuk minyak untuk mengurangi jumlah air, tetapi kelembutannya bisa berkurang dengan sedikit lemak.

Minyak apa yang paling terasa seperti mentega?

Tidak ada yang rasanya persis seperti mentega. Namun, minyak zaitun merupakan pengganti yang baik, sedikit buah dan ringan. Minyak alpukat akan memiliki rasa paling netral dengan titik asap yang tinggi. Minyak kacang macadamia atau minyak kelapa akan memiliki rasa yang kaya dan sedikit rasa manis.